Kamis, 13 April 2017

Lingkungan Sekolah yang Bersih

LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERSIH
Oleh: Desi Irtanti Amalia


ABSTRAK
Pada era globalisasi sekarang ini, kehidupan manusia tidak terlepas dari pengaruh lingkungan. Tuntutan kebutuhan hidup mendorong kita agar beradaptasi dengan lingkungan melalui berbagai cara sesuai dengan kemampuan kita. Semenjak era globalisasi, kehidupan masyarakat berpengaruh terhadap lingkungannya sendiri, misalnya : Dalam lingkungan masyarakat masih banyak orang yang memanfaatkan lingkungannya hanya untuk kepentingan diri sendiri, seperti memanfaatkan lingkungan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.
            Kata kunci: lingkungan.
PENDAHULUAN
Dalam lingkungan sekolah, siswa membuang sampah dengan sembarangan. Untuk mencegah hal tersebut, dapat dilakukan melalui pendidikan pengelolaan lingkungan hidup, terutama dalam lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat slogan-slogan yang isinya agar menjaga lingkungan sekolah tetap bersih, akan tetapi berdasarkan pengamatan himbauan tersebut diabaikan. Itu semua terjadi akibat kurang dan menurunnya kesadaran para siswa untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih. Untuk itu diperlukan upaya dalam meningkatkan kesadaran dan kualitas lingkungan sekolah yang bersih, melalui proses pembelajaran disekolah, sehingga mampu menanamkan kesadaran itu sendiri, sehingga dapat disebarluaskan.
INTI
Penerapan lingkungan sekolah yang bersih, sering kali kita melihat banyak slogan yang tertulis disekitar sekolah tentang kebersihan sekolah, tetapi semua itu diabaikan dan sering kali kita juga melihat para siswa membuang sampah secara sembarangan, sehingga guru menegur dan menasehati, akan tetapi tidak dipatuhi. Itu semua terjadi akibat kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan tersebut terutama di sekolah. Tentu semua warga sekolah tidak terkecuali guru dan siswa dalam konsentrasi hal belajar pembelajaran menjadi terganggu akibat hal tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, perlu dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran semua warga sekolah, sehingga menjadi disiplin. Hal itu dapat dilakukan dengan cara : (1) Mengajak para siswa agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah mulai dari dalam dirinya sendiri. Dalam hal ini dapat dilakukan dari hal yang paling kecil, misalnya : (a) Membuang sampah bekas jajan ke tempat sampah yang sudah tersedia. (b) Membersihkan ruangan kelas sebelum dan sesudah proses belajar dan mengajar. Dengan dilakukannya kedua hal tersebut lingkungan akan menjadi bersih dan proses belajar mengajar akan menjadi lebih baik, menjadikan lingkungan yang nyaman dan bersih dari sampah menghindarkan siswa dari penyakit. (2) Jika hal pertama tidak terlaksana dengan baik, guru wajib menegur para siswa yang melanggar ketentuan yang sudah di buat dan disepakati bersama, misalnya membuang sampah sembarangan. Dengan dilakukannya hal tersebut, para siswa akan takut untuk mengotori lingkungan sekolah dan bahkan akan sadar tentang kebersihan lingkungan sekolahnya. (3) Memberi sanksi tersendiri bagi siswa yang melanggar tata tertib terutama tentang kebersihan lingkungan sekolah. Dalam hal ini sanksi yang perlu diberikan adalah berupa denda maupun penilaian sikap kebersihan lingkungan sekolah, misalnya memberi denda Rp 1.000,- bagi siswa yang tidak melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah. (4) Memberikan arahan tentang kehidupan sekolah yang berbudaya lingkungan.
Untuk membuat sekolah berbudaya lingkungan akan tercermin dari hal-hal berikut : kebersihan lingkungan sekolah. (1) Kebersihan, kebersihan sangatlah penting, sering kali kita mendengar ungkapan “Bersih pangkal sehat”. Dari ungkapan tersebut kita dapat merasakan betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan manusia. Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara dan menjaga lingkunga dari yang kotor dengan tujuan mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut guru sekolah dpat melakukan gotong-royong. (2) Kesehatan lingkungan sekolah, kesehatan merupakan salah satu faktor pendukung proses belajar dan mengajar di sekolah.
Manfaat lingkungan sekolah yang bersih. Dalam lingkungan hidup sehari-hari kita melihat dampak lingkungan yang kotor, banyak penduduk sekitar menjadi sakit dan bahkan meninggal akibat bersarangnya kuman penyakit di tempat itu. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita dengan baik. Di sekolah sering kita melihat proses belajar dan mengajar menjadi tidak lancar akibat kurang bersihnya lingkungan sekolah kita, akibatnya sebagian siswa menjadi acuh akan peratuan dan menjadi nakal. Jadi untuk menciptakan manfaat lingkunag sekolah yang bersih, marilah kita menjaga kebersihan.
Penerapan lingkungan sekolah yang bersih diberbagai tempat. Penerapan lingkungan sekolah yang bersih dapat diterapkan diberbagai tempat, asalkan kita memiliki kesadaran akan hal tersebut, yaitu : (1) Lingkungan keluarga, dalam hal ini kita dapat melakukan hal-hal mudah, seperti mengambil sampah di sekitar rumah lalu membakarnya dan menyapu halaman. (2) Lingkungan masyarakat, setiap sebulan sekali mungkin di lingkungan masyarakat diadakan kebersihan bersama atau gotong-royong. Kita dapat membantu, supaya lingkungan sekitar kita menjadi bersih. Setelah kita menerapkan hal tersebut kita akan menerima manfaatnya, seperti: -kita akan terhindar dari penyakit, -lingkungan kita menjadi bersih dan sehat, -kita menjadi akrab dengan sekitar kita, -lingkungan masyarakat akan tentram.
KESIMPULAN
Lingkungan yang bersih akan mencerminkan diri seseorang yang peduli terhadap lingkungan, berdasarkan penjelasan di atas kita dapat mengerti dan mengetahui dampak lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar kita jika kotor, serta manfaat lingkungan kita jika bersih. Sehingga dengan uraian tersebut, kita semua berharap agar dapat mengelola lingkungan sekolah yang bersih . kita dapat menerapkan peduli lingkungan di sekolah maupun di lingkungan sekitar kita.
DAFTAR PUSTAKA

Adrian R. Nugraha. 2009. Menyelamatkan Lingkungan Hidup dengan Pengelolahan Sampah. Bekasi: Cahaya Pustaka Raga

Http://sartonysihombing.blogspot.co.id/2012/10/makalah-lingkungan-sekolah-yang-bersih.html

0 komentar:

Posting Komentar